Pemasar adalah seseorang yang mencari respons, pembelian, dukungan, su.mbangan dari pihak lain yang disebut proapek. Jika kedua pihak ingin menjual sesuatu satu sama lain, kita menyebut kedua pihak tersebut pemasar.
Pemasar memang terampil dalam menstimulasi permintaan akan produk perusahaan mereka, namun pandangan tersebut terlalu sempit untuk menggambarkan tugas mereka. Seperti para profesional dalam bidang produksi dan logistik bertanggung jawab atas manajemen pasokan, pemasar bertanggung jawab atas manajemen permintaan. Manajemen pemasaran berusaha mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan untuk mencapai tujuan organisasi. Ada delapan keadaan permintaan yang mungkin terjadi:
1. Permintaan negatif. Konsumen tidak menyukai produk dan mungkin bahkan berusaha menghindarinya.
2. Permintaan yang tidak ada. Konsumen mungkin tidak sadar akan atau tidak tertarik pada produk.
3. Permintaan laten. Konsumen mungkin memiliki sesuatu kebutuhan yang kuat yang tidak bisa dipenuhi produk yang ada.
4. Permintaan yang menurun. Konsumen mulai jarang membeli produk aau tidak membeli sama sekali.
5. Permintaan tidak teratur. Konsumen membeli secara musiman, bulanan, mingguan, harian, atau bahkan dalam hitungan jam.
6. Permintaan penuh. Konsumen membeli semua produk yang dilempar ke pasar.
7. Permintaan berlimpah. Kosumen mau emeli produk lebih banyak daripada produk yang ada.
8. Permintaan tidak sehat. Konsumen mungkin tertarik pada produk yang memiliki konsekuensi sosial yang tidak diinginkan.
Sumber: Buku manajemen pemasaran Kotler&Keller
Tidak ada komentar:
Posting Komentar